Senin, 15 November 2010

Inovasi Jaringan Perpustakan

Open Archive Initiative (OAI)adalah sebuah model baru jaringan perpustakaan digital di Indonesia, yang juga merupakan jaringan perpustakaan digital pertama di Indonesia, sejak tahun 2000. Pada saat dirancang pada tahun tersebut, di dunia juga sedang berkembang model jaringan perpustakaan digital
Namun jaringan OAI ini hanya memungkinkan perpustakaan digital yang terhubung ke internet dengan kecepatan tinggi secara dedicated (24 jam sehari, 7 hari seminggu) yang dapat bergabung. Sebagian besar perpustakaan di Indonesia yang ingin mengembangkan perpustakaan digital tentu tidak bisa bergabung karena tidak memiliki akses sebaik itu.

hanya memiliki sambungan dial-up atau dibalik proxy warnet, bisa turut serta dalam jaringan penyebaran pengetahuan bangsa. Protokol OAI yang berbasis PMH (protocol for metadata harvesting) diterapkan dalam jaringan ini, dengan ditambah fitur PMP (protocol for metadata posting) yang berperan menyambungkan server-server tersebut.

Semua konsep dan gagasan dituangkan dalam software Ganesha Digital Library (GDL 3.2) yang dikembangkan dan didistribusikan sebagai software open source. Software ini gratis didownload dan diinstall oleh siapapun yang ingin bergabung. Hasilnya, sejak diluncurkan pada bulan Oktober 2001 hingga sekarang sudah terdapat lebih dari 40 perpustakaan digital di Indonesia yang bergabung dalam jaringan IndonesiaDLN (Indonesian Digital Library Network).

Berbagai bentuk pengetahuan seperti laporan penelitian, tesis, disertasi, proceeding, jurnal, literatur kelabu, multimedia, dan sebagainya sudah mulai banyak terkumpul dalam jaringan ini. Anggota jaringan ini bukan hanya dari perguruan tinggi, tetapi juga dari lembaga pemerintah, LSM, industri, dan menyusul dari UKM, dan sekolah-sekolah.

Informasi yang Tersaji di Internet Lebih Banyak Dimanfaatkan Masyarakat
Terdapat korelasi yang sangat jelas antara jumlah kutipan terhadap sebuah artikel dengan kemungkinan artikel tersebut tersedia bebas di Internet. Jika kita perhatikan artikel dalam setiap tahun, dan rata-rata sepanjang tahun 1990 sampai dengan 2000, kita temukan bahwa artikel online dikutip 4,5 kali lebih sering dibandingkan dengan artikel offline.

Jaringan Perpustakaan Digital Merupakan Model Pengorganisasian dan Penyebaran Pengetahuan yang Paling Berhasil
Profesor Edward A. Fox dari Virginia Politechnic Institute and State University pada tahun 1999 telah mengembangkan sebuah jaringan perpustakaan digital khusus untuk tesis dan disertasi beranggotakan 70 anggota di tingkat internasional. Jumlah ini selalu bertambah rata-rata 25 anggota baru setiap tahun hingga sekarang [Fox99].

Dengan jaringan ini, pengetahuan mahasiswa dalam bentuk tesis dan disertasi berhasil dikumpulkan, diorganisasikan, dan disabarluaskan secara elektronik. Banyak mahasiswa yang mendapat manfaat dari kumpulan pengetahuan ini bagi penelitian mereka. Dan semua ini dilakukan melalui sebuah jaringan yang terdistribusi secara internasional.

Upaya ini akhirnya melahirkan terobosan lain seperti pengembangan standard protocol komunikasi antar server dalam jaringan perpustakaan digital. Misalnya Open Archive Initiatives (OAI) yang menggunakan model harvesting metadata [OAI02]. OAI membagi server sebagai server Penyedia Data dan server Penyedia Layanan. Penyedia Layanan tidak harus memiliki koleksi elektronik, tetapi dapat memanfaatkan koleksi dari server-server Penyedia Data lain untuk disajikan ke pengguna atau komunitasnya .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar